GARDA-P : Indonesia Segera Buka Diri Untuk Berunding

Posted by Papuan Voices On Senin, Desember 19, 2011 0 komentar
Massa Garda-P saat aksi di DPRP (Foto: Ist)
PAPUAN, Jayapura --- Memperingat 50 tahun hari aneksasi Bangsa Papua ke dalam negara Indonesia, puluhan rakyat Papua Barat yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Demokratik Papua (Garda-P) melakukan aksi demo di Expo, Perumnas I, Abepura, Jayapura, siang (19/12).

Sambil memegang dua buah spanduk besar, belasan poster-poster pelanggaran HAM, dan menggunakan 1 mobil komando massa terus berorasi secara bergantian.

Herman Katmo, salah satu orator mengatakan pemerintah Indonesia harus segera membuka diri untuk berunding secara damai, adil, dan bermartabat dengan wakil-wakil rakyat Papua yang telah ditentukan.

“Untuk menghormati dan menghargai hak asasi manusia, asas-asas demokrasi, perdamaiaan dan ketertiban dunia, kami minta pemerintah Indonesia segera membuka diri untuk berunding dengan wakil-wakil rakyat Papua Barat,” tegas Herman.

Menurut Herman, berbagai program dan kebijakan yang diberikan pemerintah Indonesia justru akan menambah persoalan baru di tanah Papua.

“Program-program baru, termasuk operasi militer yang terus dilakukan secara berkala justru perkeruh suasana perdamaian di tanah Papua,” imbuhnya.

Lanjut Herman, gula-gula Otsus, termasuk UP4B juga tak akan menyelesaikan persoalan di Papua secara menyeluruh, adil dan bermartabat.

Pantauan Papuan Voices, massa aksi awalnya bergerak dari Perumnas III menuju ke Expo, dan ketika berita ini diturunkan massa aksi sedang melanjutkan ke Lingkaran Abepura, Jayapura, untuk terus melakukan orasi-orasi politik.

OKTOVIANUS POGAU

0 komentar:

Posting Komentar